Puskesmas
sebagai salah satu institusi pelayanan umum, dapat dipastikan
membutuhkan keberadaan sistem informasi yang akurat dan handal, serta
cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan puskesmas kepada para
pengguna (pasien) dan lingkungan terkait. Dengan lingkup pelayanan yang
begitu luas, tentunya banyak sekali permasalahan kompleks yang terjadi
dalam proses pelayanan di puskesmas. Banyaknya variabel di puskemas
turut menentukan kecepatan arus informasi yang dibutuhkan oleh pengguna
dan lingkungan puskesmas.
Selama
ini banyak puskesmas yang masih mengelola data-data kunjungan pasien,
data-data arus obat, dan juga membuat pelaporan dengan menggunakan
cara-cara yang manual. Selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratan
dari pengelolaan data juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan
kesalahan sangat besar. Beberapa puskesmas mungkin sudah memakai
komputer sebagai alat bantu untuk pengelolaan data, hanya saja sampai
sekarang belum banyak program komputer yang secara khusus didesain untuk
manajemen data di puskesmas.
Sistem
Informasi Puskesmas (Simpus), sesuai namanya, adalah sebuah sistem
informasi rekam medis yang secara khusus dirancang untuk digunakan di
Puskesmas. Puskesmas sebagai institusi pelayanan kesehatan, memiliki
kebutuhan-kebutuhan yang unik, berbeda dengan unit pelayanan kesehatan
lainnya.
Kebutuhan-kebutuhan
Puskesmas yang unik tersebut, telah sejak lama dengan tekun dipelajari
dan diikuti perkembangannya oleh seorang teman, Raharjo. Setelah selama
beberapa tahun Mas Jojok, demikian ia biasa dipanggil, mengembangkan dan
memasarkan Simpus yang berupa aplikasi desktop (yang telah digunakan
pada hampir 500 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia), pada
tahun 2008, ia mengajak kami untuk bersama-sama mengembangkan Simpus
yang berbasis web. Keputusan ini diambilnya setelah melihat fakta di
lapangan bahwa Simpus berbasis web memiliki peluang memberikan dukungan
yang lebih baik pada Puskesmas dalam melayani masyarakat. Dalam waktu
kurang lebih setahun semenjak itu, Simpus berbasis web telah digunakan
oleh beberapa Puskesmas.
Simpus
merekam data rekam medis pasien-pasien yang berkunjung di Puskesmas.
Tidak hanya itu, Simpus juga membantu Puskesmas dalam menyusun
laporan-laporan rutin bulanan, baik untuk keperluan internal Puskesmas,
ataupun untuk pelaporan ke Dinas Kesehatan.
Ada beberapa hal yang menjadi perhatian utama kami dalam mengembangkan Simpus berbasis web ini:
- Kemudahan dalam pengoperasian. Dari pengalaman sejauh ini, dengan pelatihan dua hari, yang dilakukan selepas jam kerja Puskesmas, kebanyakan pengguna sudah memahami alur Simpus dan cara menggunakannya.
- Kecepatan proses pengisian data. Sudah sejak lama kami menyadari bahwa pengisian data melalui tampilan berbasis web cenderung lebih lama, bila dibandingkan dengan pengisian data melalui tampilan aplikasi desktop. Kami berupaya meminimalkan waktu pengisian data dengan menyederhanakan alur, tanpa mengurangi kelengkapan data yang diisikan. Pengisian data pada semua titik (ruang pendaftaran, ruang pelayanan medis, dll) secara rata-rata dilakukan dalam waktu 1-2 menit.
- Dukungan bantuan kepada pengguna. Kami menyadari bahwa belum banyak petugas Puskesmas yang terbiasa dengan penggunaan aplikasi berbasis web. Proses pembiasaan tentu saja akan membutuhkan waktu, dan dalam proses tersebut mungkin akan ada kendala-kendala yang dijumpai. Dengan dukungan dari petugas setempat, kami selalu berupaya memberikan bantuan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar